Mengapa menabung emas bisa mewujudkan anda untuk membeli rumah idaman? Ini alasannya. Keinginan untuk punya rumah atau tempat tinggal sendiri mungkin sudah ada. Masalahnya, kredit kepemilikan rumah (KPR) yang sudah diajukan ditolak oleh bank. Alasannya beragam. Bisa jadi saat itu Anda berprofesi sebagai pekerja lepas sehingga penghasilan yang tidak tetap menjadi penghalang.

tabungan emas
Penyebab lainnya adalah siklus “seller’s market”, yaitu harga properti tengah melambung tinggi. Namun, sebaiknya usaha tidak berhenti sampai di sini. Alternatif usaha lainnya untuk membeli rumah idaman adalah menabung emas.

Tata Cara Menabung Emas:

1. Tabungan emas dulu, KPR kemudian.

Cara pertama bisa dimulai dengan menabung emas untuk uang muka pembelian rumah atau DP (down payment). Bila sesudahnya mau berlanjut dengan sistem KPR, hal tersebut masih mungkin untuk dilakukan.

Contoh: bila harga rumah impian adalah Rp235 juta rupiah, maka DP yang harus diserahkan adalah minimal Rp47,08 juta. DP dengan nominal ini kira-kira setara dengan 95 gram emas.

Bila memilih program menabung emas, DP awal yang diberi bisa sekitar Rp14,42 juta. Setelah itu, selama enam bulan berikutnya, Anda cukup mencicil sekitar Rp5,56 juta.

Selama periode enam bulan tersebut, Anda bisa mempersiapkan diri untuk membuka KPR. Jadi, setelah enam bulan berakhir, Anda bisa melanjutkan cicilan dengan cara mulai membayar KPR. Strategi ini dapat mengunci harga rumah di depan, terutama mengingat adanya inflasi sebesar lima persen yang biasa terjadi empat bulan sekali.

Kelebihan lain dari strategi ini, Anda tidak perlu memusingkan urusan konversi rupiah ke harga emas. Banyak developer yang tidak keberatan menerima emas tanpa diawali oleh konversi rupiah. Apalagi, harga emas cenderung lebih stabil daripada uang sehingga lebih aman untuk dijadikan investasi.

2. Tabungan emas tanpa KPR sama sekali.

Cara kedua adalah dengan mengandalkan tabungan emas secara total. Dalam hal ini, tidak ada KPR sama sekali. Misalnya: cicilan berupa tabungan emas seberat 100 gram per enam bulan.

Setelah enam bulan, jangan langsung pindah ke KPR. Lanjutkan tabungan emas 100 gram untuk enam bulan berikutnya. Begitu terus, hingga akhirnya harga rumah impian lunas.

Bila harga rumah impian adalah Rp245 juta, pelunasan dengan cara ini dapat dicapai dalam waktu kira-kira 6 x 6 bulan atau tiga tahun. Tentu saja, hal ini juga harus disesuaikan dengan kenaikan harga emas yang terjadi.

Namun, mengingat harga emas tidak akan terlalu mudah melonjak seperti inflasi mata uang, cara ini dianggap lebih aman.

Pilihan Tabungan Emas:

Untuk membeli rumah idaman, ada beberapa pilihan tabungan emas. Sesuai kebutuhan dan kemampuan, Anda bisa memilih tabungan berupa:

1. Dinar emas.

Dulu, sekeping koin dinar emas dapat membeli seekor kambing. Sekarang, hal yang sama masih dapat terjadi. Bahkan, kambing yang didapatkan adalah kambing dengan kualitas terbaik. Hal ini menunjukkan bahwa nyaris tidak ada inflasi yang signifikan mengenai harga emas.

Misalnya: rumah impian seharga 300 juta rupiah. Anda telah mengumpulkan hampir 150 koin dinar emas. Meskipun masih mungkin, beberapa pemilik rumah atau pengusaha properti belum tentu mau dibayar dengan selain rupiah. Untuk itu, jangan lupa lakukan riset dan banyak bertanya pada pihak pengusaha properti sebelum memutuskan untuk membeli.

2. Emas batangan.

Selain berupa kepingan koin dinar emas, Anda juga bisa berinvestasi melalui emas batangan. Berat emas batangan juga bervariasi, mulai dari 5, 10, 25, 50, hingga 100 gram. Keuntungan dari berinvestasi dengan cara ini bertahan lama hingga sekitar lima tahun ke depan.

Sayangnya, menyimpan emas batangan juga berisiko tinggi. Bila ingin membayar dengan cara ini, sebaiknya simpan dalam lemari besi di bank atau Pegadaian.

Bila ini pilihan Anda, cara “mencairkan” emas juga lebih mudah. Tidak perlu harus selalu menjualnya. Menggadaikannya saja juga bisa. Meskipun bisa langsung digunakan untuk transaksi, sebaiknya carilah developer rumah yang bersedia dibayar dengan cara seperti ini.

Ternyata, banyak cara untuk membeli rumah impian Anda. Salah satunya adalah dengan menabung emas, baik berupa kepingan koin dinar maupun emas berbentuk batangan. Perubahan harganya juga tidak begitu signifikan dari waktu ke waktu.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, menabung emas untuk membeli rumah idaman!

Baca juga >> Merubah kamar supaya lebih menarik!

Bagikan