Sebagai seorang wanita, Cindy sebagai admin basarm.net paling tidak suka melihat kamar tidur yang berantakan dan tidak tertata rapih, masalahnya, tidak semua orang suka rapih-rapih kamar, dan jika anda salah satu dari mereka, saya ingin berbagi kepada anda tentang tips sederhana agar kamar terlihat lebih menarik. Yuks kita bhas bersama!

Selain berfungsi sebagai tempat istirahat, kamar tidur juga bisa digunakan untuk fungsi yang lainnya. Misalnya ruang privat untuk beragam hal, hingga ruang multifungsi jika kamar Anda adalah indekos atau kontrakan. Kamar tidur utama yang besar dalam sebuah rumah juga sering didekorasi dengan berbagai barang untuk aktivitas pribadi. Contohnya, alat olahraga sederhana, brankas, barang-barang koleksi pribadi, meja rias dan lainnya.
tips kamar tidur menarik
Cukup berbeda jika kamarmu merupakan kamar indekos atau kontrakan. Selain sebagai ruang privat dan istirahat, kamar indekos juga berfungsi sebagai ruang menerima tamu, ruang belajar, ruang berkumpul, dan aktivitas-aktivitas umum lainnya. Oleh karena itu, jika berencana untuk rombak kamar Anda supaya jadi lebih segar, lebih dahulu harus diperhatikan fungsi kamar Anda untuk apa. Tentu yang harus diperhatikan adalah bagaimana caranya agar kamar tidur tidak kehilangan fungsinya sebagai ruang privat.

Memilih desain kamar secara umum ada 2 cara, yaitu dengan mengubah atau menambah dekorasi, dan mengubah bentuk ruangan.

Untuk perubahan dekorasi ruangan, tentu sangat berbeda untuk kamar indekos atau kamar tidur utama dalam rumah. Dekorasi ruangan untuk kamar tidur utama lebih dikhususkan untuk ruangan privat suami-istri, kegiatan pribadi, dan tempat penyimpanan pribadi.

Untuk kamar indekos, barang-barang yang disimpan di kamarnya adalah barang yang lebih umum. Misalnya barang untuk kegiatan kuliah atau kerja, alat makan dan alat masak sederhana, bahkan ada juga tempat khusus sebagai gudang alat-alat pribadi. Oleh karena itu, dekorasi untuk kamar indekos biasanya sangat sedikit dan untuk mempercantik ruangan saja.
kamar tidur rapih
Di bawah ini kami sajikan beberapa tips sederhana jika ingin rombak kamar Anda supaya jadi lebih segar dan terlihat lebih menarik. Oleh karena ada 2 macam ruangan kamar tidur seperti yang sudah dijelaskan secara umum di atas, kami bagi menjadi masing-masingnya.

1. Merombak kamar tidur utama

Kamar tidur utama dalam rumah adalah salah satu ruangan paling privat. Terlebih bagi pasangan suami istri, baik yang sudah memiliki anak atau belum. Kamar tidur utama selain dikhususkan untuk istirahat, juga menjadi ruang penyimpanan barang-barang privat dan penting. Merombak ruangan agar terlihat lebih nyaman umumnya ditujukan agar keharmonisan hubungan bisa terjaga tanpa menghilangkan batas privat masing-masing.

Jika Anda memiliki ruangan yang cukup besar, disarankan oleh beberapa desainer ruangan agar menyediakan banyak area kosong. Selain untuk menjaga sirkulasi udara, ruang terbuka yang cukup banyak juga bisa digunakan untuk aktivitas lain selain istirahat. Jika kamarnya terlalu sempit, bisa diakali dengan memperbesar ventilasi udara atau memasang blower. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah menyisakan ruang agar sinar matahari bisa masuk ke dalam, baik dari jendela yang terbuka atau lubang di atap. Pasalnya, banyak penyakit muncul karena ruangan tidur terlalu tertutup dan kekurangan cahaya alami.

Menambah dekorasi umumnya dilakukan dengan menambah lukisan, foto keluarga, atau mengubah warna ruangan. Namun, jika ingin kesan yang lebih mewah, Anda bisa juga menambahkan guci, barang-barang koleksi pribadi, atau dekorasi lainnya.

2. Merombak kamar indekos dan kontrakan

Kamar indekos lebih mudah disesuaikan dengan penghuninya karena selain tinggal sendiri, barang-barang yang dibawa saat ngekos memang cukup ringkas dan sederhana. Namun, tidak menutup kemungkinan kamar indekos dipenuhi barang-barang pribadi penghuninya, sehingga jika ingin rombak kamar Anda supaya jadi lebih segar, pasti lebih terbatas pilihannya. Pilihan yang lebih umum dipakai adalah mengubah letak barang atau menambah wallpaper, atau mengecatnya ulang jika diizinkan oleh pemilik indekos.

Kamar indekos dan kontrakan memang memerlukan izin terlebih dulu jika ingin merombak bangunannya. Bahkan, beberapa barang bisa saja tidak diizinkan disimpan oleh pemilik indekos sehingga opsinya lebih terbatas. Namun, bukan berarti kamar indekos tidak bisa dirombak. Anda bisa menyisakan area yang cukup lapang di tengah ruangan sebagai tempat menyambut tamu. Menyediakan ruangan kosong juga diperlukan untuk penyimpanan barang-barang tertentu, seperti printer, tempat sampah, benda tak terpakai, atau gudang sederhana.

Demikianlah tips sederhana agar kamar tidur utama atau kamar indekos terlihat lebih segar. Semoga bermanfaat.

Bagikan